Bunga Sakura

Bunga Sakura...
merupakan bunga nasional jepang. Yang kerap kali di asosiasikan dengan perempuan, kehidupan dan kematian juga merupakan simbol perasaan manusia. Selain itu sakura di anggap sebagai pembawa rezeki dan keberuntungan. Pada upacara pernikahan dan perayan tradisional lainnya, seringkali diharuskan meminum suo bunga sakura yang di rebus dengan bunga skura dalam sebuah wadah keramik, yang makna nya menyerap keberuntungan yang terkandung di dalam bunga sakura.

Selain untuk keindahan dan aksesoris, bunga sakura juga mempunyai manfaat. Daun dan bunga sakura yang sudah di rendam dalam air garam (shiozuke) di manfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. Sakura mochi adalah kue moci yang dibungkus daun sakura. Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. Ranting dan kuncup bunga sakura juga digunakan sebagai bahan pewana alami.

Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh jepang sejak zaman Meiji adalah persilangan pohon sakura di zaman Edo akhir. Kebanyakan orang hanya mengenal jenis sakura someiyoshino ini sebagai pohon sakura.

Jenis-jenis Sakura :


1. Endohigan

Adalah bunga sakura yang musim semi dan bunga nya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serua dengan endohigen adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis endohigen yang rantingnya menjuntai-juntai sedangkan yaebenishidare dikenal dau bunga nya yang banyak dan warna nya yang cerah.





2. Hikanzakura

Disebut juga dengan kanhizakura. Adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak di temukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di pulau Honsu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto samapi Kyunshu.




3. Shidarezakura

Pohon ini memiliki bentuk yang hampir sama dan kualitas dalam segala hal. Kepala cabang yang terkulai indah adalah karakteristik dari pohon ini. Pada mula nya pohon ini akan berwarna merah jambu (pink) tapi berangsur-angsur akan menjadi warna putih ketika sudah mekar dengan sempurna.









4. Fuyuzakura

Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah sejenis pohon sakura yang bunga nya mekar setiap bulan November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi di prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.







5 comments:

AIRI ARI said...

sakura2 keren2 ari juga ada bunga sakuranya hehehe

G-Nana Fe said...

aku ga tau ternyata sakura byk jenisnya

zahratusyita said...

wah snang nie.. bsa thu bnyak tentang bga sakura...i'm like it...

Anonymous said...

.wahh hebat bgt bunga sakkura iitu tternyatta bnyak bgt manfaat'y iiah
.selain ittu bunga sakkura juga bissa buat bkin mkkanan....??

LadyPrity said...

Cantiiknyaa..
Jd mendambakan honeymoon dijepang pas lg mekarnya bunga sakura..
Semoga saja, aaamiinn ^_^

Post a Comment