Kimchi

Kali ini aku mau buat tentang makanan khas tradisional Korea.. jadi penasaran karna liat beberapa kali di drama,, sekarang sering liat di Cinderella's Sister.. Emang nih drama Korea selalu menyisipkan tentang budaya mereka,, biar tenar juga kali yaa.. hahha.. salut deh..

okke.. lets go to the topic..

Kimchi adalah makanan khas tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang di beri bumbu pedas (tergantung selera ama musim kali ya). Di zaman dulu Kimchi diucapkan sebagai chim-chae yang berarti 'sayuran yang direndam'. Kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan (lauk pauk) yang palin umum. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae) , nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap) dan berbagai masakan lain. Sebagian besar orang Korea membuat kimchi dalam jumlah banyak sewaktu panen sawi putih di musim dingin sehingga perlu lemari es khusus untuk menyimpan persediaan kimchi selama setahun.


  • Manfaat:
Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori. Sebagian besar kimchi dibuat dari sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan (asal gga berlebihan yaa,, hehhe). Kimchi kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Pada tahun 2000, strain bakteri asam laktat (strain MT-1077T) penghasil bateriosin yang di isolasi dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi.

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dapat membantu menghilangkan kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.

  • Jenis-jenis Kimchi :
1. Baechu Kimchi (kubis kimchi)
Ini adalah jenis Kimchi yang paling umum. Terbuat dari kepala kubis, merica, udang atau acar ikan atau kerang, daun bawang, bawang putih, jahe, cabai dan gula.





2. Baek Kimchi (kubis putih kimchi)
Baek kimchi awalnya berasal dari Korea Utara, dengan sedikit garam dan cabai. Bahannya bisa ditambahkan dengan lobak atau jamur.


3. Bossam Kimchi (rolled kimchi)
Bahan untuk kimchi ini adalah jamur hutan yang di bumbui dengan ikan asin dan kerang, dapat di tambahkan dengan buah pir korea, juga kacang pinus, bahan dasar nya sam dengan kimchi lain pada umum nya.




4. Chonggak Kimchi (ponytail kimchi)
Kimchi ini untuk pecinta makanan pedas. Dicampur dengan lada merah.






5. Dong Chimi (winter white water kimchi)
Lobak dan cabai di rendam dalam air garam hingga sedikit berwarna coklat. Jika ingin menambahkan bahan rendam dalam air dan tempat yang berbeda.




6. Gggakdugi (Lobak cincang Kimchi)
Terbuat dari lobak setengah matang dan dilapisi lada merah.





7. Nabak Kimchi (red water Kimchi)
Kata Nabak menunjukan teknik pemotongan khusus. Memiliki penampilan yang menarik dengan gaya pemotongan yang ramping dan dengan berwarna-warni.




8. Yeolmumul Kinchi (summer green water kimchi)
Pas untuk di makan saat musim panas dengan kuah nya yang beruap dan lezat.

  • Cara membuat Kimchi :
Bahan-bahan :
  • 1 buah sawi putih
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
  • 1/4 btg lobak putih, iris tipis
  • 4 btg daun bawang.
  • 2 sdm bawang putih, parut
  • 1 sdt jahe, parut
  • 1/2 gelas bubuk cabe Korea
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1/2 gelas garam kasar/garam laut
  • 1 gelas air cup water
  • 1/4 gelas saus ikan Korea
  • 1/3 gelas air
  • 1 sdm tepung
Cara menolah :
  1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
  2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
  3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
  4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
  5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
  6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
  7. Hidangkan dengan nasi.

Source :
Korean Food
WikiBook

6 comments:

G-Nana Fe said...

hmmm jd pengen kimchi..
dulu pernah beli sih bumbu kimchi atau pas makan di restoran yg nyediaain asinan kimchi
thx yoora

Putri Fitriananda said...

Ga enak. Aku dah pernah coba di restoran korea. Rasanya kayak asinan

yoora said...

@teh nana : aku jadi penasaran teh..

@ ka putri : ini kan emang asinan sayur ka.. agak asem-asem pedes gtu..

AIRI ARI said...

ga jepang dan korea sisipan kulinernya mantap hehehe, klo ari sukanya sushi kkwkkww

Unknown said...

janga ari...ntar namanya jadi arisushi...gak arisukki (keliatannya penulisannya salah) lagi...wkwkwkwk

AIRI ARI said...

mau sushi atau sukkie ari tetap suka wkwkkwkwkwkw

Post a Comment