Makgeolli

Karna aku gy garap sinop Cinderella's Sister,, jadi pengen tau lebih lanjut tentang perusahaan nya Goo Dae Sung alis ayah tiri nya Eun Jo. Jadi mau share tentang Makgeolli nya dikit,, hehhehhe..


Makgeolli atau Takju adalah minuman alkohol tradisional asal Korea. Minuman ini terbuat dari beras yang dikukus dan di fermentasi. Warna nya putih keruh dan masih mengandung ampas beras karena minuman ini tidak disaring. Kadar beralkohol sekitar 6-8%. Minuman tradisional ini populer dikalangan petani, sehingga disebut nongju yang berati arak petani.


Di Korea Selatan terdapat minuman serupa yang bernama Dongdongju, namun harganya lebih mahal dan kadar alkoholnya lebih tinggi. Dongdongju dan Makgeolli bisa dibeli di pasar swalayan dalam bentuk kemasan botol plastik. Makgeolli dan Dongdongju biasanya diminum bersama anju (makanan pendamping).

Makgeolli lebih merupakan produk musiman yang lebih banyak di jual selama musim dingin karena tidak tahan lama disimpan. Di Jepang minuman serupa di sebut doburoku (sake yang tidak disaring)

Makgeolli adalah minuman rakyat bagi orang Korea, dan sering dihidangkan dalam pesta-pesta. Sejak zaman dulu, minuman ini sering dibuat di rumah-rumah. Bahan bakunya dari beras, gandum atau ubi jalar. Selain fermentasi dengan ragi yang menghasilkan alkohol, fermentasi juga dilakukan dengan Lactobacillius untuk menekan bakteri. Oleh karena itu, minuman ini memiliki rasa manis sekaligus sedikit asam serta memiliki hampir sepuluh jenis kandungan zat asam amino.

Di Korea Utara, dulu juga membuat makgeolli namun terhenti karna kekurangan bahan baku. Produksi minuman ini sekarang sudah dilanjutkan untuk konsumsi wisatawan asing. Sebagai pengganti Makgeolli, orang Korea Utara membuat minuman beralkohol dari kentang dan jagung.

Source :
wikipedia

4 comments:

AIRI ARI said...

kira2 ini anggur memabukkan enggak ya? :D

yoora said...

kaya nya gga terlalu ri klo ga banyak.. soal nya di banding sama soju,, kadar alkohol nya rendah. klo soju krang lbh 20%..

Anonymous said...

cinderella's sister 9 kapan keluar? dah gak sabar niiihh..

yoora said...

aku gy donlot,, mungkin tar mlm bru nulis nya..

Post a Comment